Pengertian XAMPP Lengkap dengan Fungsi dan Cara Instalasi


3 min learn

Pernahkah Anda mendengar tentang aplikasi XAMPP? Nama XAMPP mungkin masih terdengar asing ditelinga sebagian masyarakat Indonesia. Kendati demikian, software program atau aplikasi komputer yang satu ini sebenarnya sudah sangat populer dan banyak digunakan, terutama oleh para pelaku IT yang baru masuk dan belajar di ranah dunia net developer.

Nah, bagi Anda yang sedang memperdalam ilmu pembuatan web site, mempelajari tentang apa itu XAMPP adalah tahapan awal yang wajib dilakukan jika ingin menghemat anggaran. Pasalnya, XAMPP mampu menggantikan peran hosting dengan cara menyimpan file web site kedalam internet hosting lokal (localhost) agar bisa dipanggil lewat lewat browser.

pengertian XAMPP dan fungsinya
Pengertian XAMPP dan fungsinya

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak (software program) komputer yang sistem penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP, dan Perl. Sementara imbuhan huruf “X” yang terdapat pada awal kata berasal dari istilah cross platform sebagai simbol bahwa aplikasi ini bisa dijalankan di empat sistem operasi berbeda, seperti OS Linux, OS Home windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Sejarah mencatat, software program XAMPP pertama kali dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Associates dan sampai saat ini sudah masuk dalam rilis versi 7.3.9 yang bisa didapatkan secara free of charge dengan label GNU (Basic Public License).

Jika dijabarkan secara gamblang, masing-masing huruf yang ada di dalam nama XAMPP menurut para ahli memiliki arti sebagai berikut ini:

 

X = Cross Platform

Merupakan kode penanda untuk software program cross platform atau yang bisa berjalan di banyak sistem operasi. Jadi, ada XAMPP untuk Home windows, xampp for mac, dan untuk Linux. Semua itu bersifat free obtain xampp.

A = Apache

Apache adalah aplikasi net server yang bersifat free of charge dan bisa dikembangkan oleh banyak orang (open supply).

M = MySQL / MariaDB

MySQL atau MariaDB merupakan aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. MySQL berperan dalam mengolah, mengedit, dan menghapus daftar melalui database.

P = PHP

Huruf “P” yang pertama dari akronim kata XAMPP adalah inisial untuk menunjukkan eksistensi bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk membuat web site dinamis, contohnya dalam web site berbasis CMS WordPress.

Baca Juga: Macam-Macam CMS dan Pengertiannya

P = Perl

Sementara itu, untuk huruf P selanjutnya merupakan singkatan dari bahasa pemrograman Perl yang kerap digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Perl ini bisa berjalan di dalam banyak sistem operasi sehingga sangat fleksibel dan banyak digunakan.

 

Fungsi XAMPP

Program aplikasi XAMPP berfungsi sebagai server lokal untuk mengampu berbagai jenis information web site yang sedang dalam proses pengembangan.

Dalam prakteknya, XAMPP bisa digunakan untuk menguji kinerja fitur ataupun menampilkan konten yang ada didalam web site kepada orang lain tanpa harus terkoneksi dengan web, cukup akses melalui Xampp management panel, atau istilahnya web site offline.

XAMPP bekerja secara offline layaknya hosting biasa namun tidak bisa diakses oleh banyak orang.

Maka dari itu, XAMPP biasanya banyak digunakan oleh para mahasiswa maupun pelajar untuk melihat hasil desain web site sebelum akhirnya dibuat on-line menggunakan hosting yang biasa dijual dipasaran.

Cara Set up XAMPP di Laptop computer dan PC

Setelah mengenal lebih jauh lewat pengertian XAMPP, Anda tentu penasaran dong bagaimana langkah-langkah cara menginstall XAMPP di Laptop computer atau PC? Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan XAMPP? Caranya tidak jauh berbeda kok dibandingkan dengan cara menginstall aplikasi komputer pada umumnya. Berikut panduan instalasi XAMPP selengkapnya:

  1. Anda harus menyiapkan file XAMPP terlebih dahulu dengan cara mengunduh lewat hyperlink berikut ini http://www.apachefriends.org/en/index.html.. Tenang, file ini bersifat free of charge kok, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lisensi sepeserpun.
Halaman download aplikasi XAMPP
Halaman obtain aplikasi, terlihat brand XAMPP
  1. Setelah file berhasil didownload dengan sempurna langkah selanjutnya adalah menyiapkan house/ruang harddisk di laptop computer atau komputer dengan minimal masih mnyisakan ROM sebesar 1GB guna menampung gambar, teks, video, dan dokumen web site.
  2. Jalankan file xampp-windows-x64-7.3.9-0-VC15-installer atau versi lainnya yang lebih mutakhir.
  3. Akan ada jendela baru yang terbuka sebagai indikasi dimulainya proses instalasi. Pada proses ini Anda akan diminta untuk memilih bahasa Indonesia atau English, pilih saja yang bahasa Indonesia kemudian klik subsequent.
langkah pertama install xampp
langkah pertama set up xampp
  1. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih komponen yang akan digunakan. Standar untuk server net berbasis CMS WordPress menggunakan MySQL, FileZilla FTP server, dan Apache, sedangkan dari bahasa pemrograman bisa menceklist pilihan phpMyAdmin, PHP, dan Perl. Kemudian klik subsequent.

pemilihan bahasa pemrograman

  1. Pada tahap ini kita diminta untuk memilih lokasi file XAMPP yang akan diinstal, gunakan saja pengatuan default lalu klik subsequent/set up.
menentukan lokasi file disimpan
menentukan lokasi file disimpan
  1. Tunggu beberapa menit sampai proses instalasi XAMPP selesai yang ditandai dengan bar progress seluruhnya berubah menjadi warna hijau.
proses install xampp
proses set up XAMPP
  1. Anda sudah bisa menjalankan program XAMPP di laptop computer atau PC Home windows untuk membuat web site secara offline menggunakan localhost.

Bagian-bagian Penting di Dalam XAMPP

1. Htdocs

Htdocs merupakan nama sebuah folder bagian dari XAMPP yang berfungsi untuk menyimpan berbagai file dan dokumen yang akan ditampilkan kedalam web site. Kapasitas penyimpanan di dalam menu htdocs sendiri bergantung kepada harddisk yang terpasang di perangkat komputer.

2. Management Panel

Seperti namanya, Management Panel memberikan kita akses lebih leluasa dalam mengatur database, mengunggah file, atau melakukan setting lebih element terkait jeroan web site.  Dari dalam Management Panel kita juga bisa mengatur cease dan star aplikasi XAMPP agar tidak memberatkan kinerja komputer.

Baca juga: Panduan Cara Set up WordPress Di cPanel Dengan Mudah

3. PhpMyAdmin

Sama seperti fungsi PhpMyAdmin pada hosting sesungguhnya, peran PhpMyAdmin dalam aplikasi XAMPP juga diplot sebagai pengatur konfigurasi MySQL. Untuk membuka phpMyAdmin di XAMPP caranya Anda bisa langsung mengetikkan URL http://localhost/phpMyAdmin

Demikianlah artikel terkait pengertian XAMPP sebagai salah satu software program pendukung untuk membantu proses belajar para pengembang net pemula. Jika Anda sudah merasa puas dan yakin dengan  kinerja fitur maupun tampilan desain web site Anda, jangan lupa untuk menggunakan paket internet hosting murah dari Qwords.com ya agar situs Anda bisa diakses oleh lebih banyak pengunjung tanpa perlu khawatir baakal menghabiskan banyak biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *